Menu Close

Studi Kasus Digital Marketing

Pemilik perusahaan dan karyawan interal yang paling mengerti kebutuhan spesifik bisnis yang sedang dijalankan, termasuk strategi marketing yang paling tepat. Dan tidak jarang, strategi marketing menjadi satu-satu nya pembeda dengan pesaing.
Oleh karena itu, tidak realistis jika komponen penting tersebut terlalu banyak dikerjakan oleh pihak eksternal seperti digital agency. Pilihan membangun inhouse agency menjadi pilihan yang lebih masuk akal dan memberikan banyak kelebihan, seperti brand safety yang lebih terjaga, proses eksekusi yang lebih cepat, data pelanggan tidak tersebar keluar, dan lain-lain.

Apalagi jika menggunakan iklan berbayar atau ppc advertising, transparansi menjadi kunci utama, karena berhubungan dengan budget marketing yang harus dipertanggungjawabkan kepada manajemen. Laporan dengan format pdf dan ppt sudah tidak terasa cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan untuk keterbukaan. Kontrol penuh harus dengan mudah didapatkan saat diperlukan. Komposisi penggunaan budget untuk kegiatan soft selling dan hard selling harus terpisah ditentukan dengan jelas dan eksekusi juga harus sesuai. Dan dalam banyak kasus, biaya aktual yang digunakan oleh digital agency tidak jelas habis berapa, berapa perbandingan atau margin antara biaya iklan dengan biaya operasional agency.

Tidak jarang digital agency yang sama yang membantu satu perusahaan juga membantu perusahaan pesaing head-to-head, contohnya sesama perusahaan retail fashion. Sehingga, pertukaran data secara informal dan konflik kepentingan (seperti perusahaan mana yang membayar lebih besar) kemungkinan besar akan terjadi.

Bonus terbesar dari inhouse agency adalah proses eksekusi yang cepat. Tidak perlu menunggu respons dari digital agency dan akhirnya kondisi pasar berubah sebelum strategi perubahan diimplementasikan. Inhouse agency dapat membuat keputusan dengan cepat dan melakukan eksekusi dengan workflow yang tepat. Dalam jangka panjang, lingkungan yang mendukung kreativitas akan terbentuk, karena ide yang muncul dapat dengan cepat dieksekusi dan ditesting untuk melihat hasilnya.

Komponen krusial untuk kesuksesan inhouse agency adalah karyawan internal yang menjalankan. Anda dapat melatih karyawan berdedikasi yang sudah ada dengan mengirimkan ke pelatihan atau mempekerjakan karyawan baru yang kompeten. Mungkin terdengar sulit dikerjakan di awal, tetapi sangat layak untuk dicoba.
Erudite Training siap memberikan pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan kompetensi atau memberikan konsultasi untuk pengembangan tim inhouse agency.


 

Alamat Kantor :
DBS Tower Lantai. 28
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5
Jakarta Selatan 12940 – Indonesia

Whatsapp 089602709987 / hello@erudite.id