Menu Close

Google Analytics

Apa itu Google Analytics?

Untuk Anda yang yang saat ini sedang memulai bisnis atau malah pemilik bisnis yang sudah berkecimpung di dunia bisnis tapi selama ini masih lebih sering menggunakan jasa Agency untuk menjalankan Digital Marketing pasti ingin dapat memantau pergerakan Digital Marketing Anda secara real time.

Tapi mungkin banyak dari Anda yang masih belum paham tentang Google Analytics dan cara mengimplementasikannya. Google Analytics dengan tracking javascript yang disisipkan di website untuk mengetahui aktivitas yang terjadi di website anda. Google Analitics dapat memantau pergerakan static pengunjung pada Website, dan itu mencakup memantau pengunjung pada search engine, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan lain yang terkandung dalam dokumen PDF.

Tool yang satu ini tentu saja lebih mudah diakses karena kita memang lebih sering memasang iklan menggunakan search angine Google maka tentu saja Google Analyticslah yang akan terhubung secara langsung, tentu saja tool ini gratis dan lebih efisien dibandingkan dengan tool lainnya yang mungkin saja berfungsi sama.

Kalau begitu langsung saja kita bahas

Ini Dia Alasan Mengapa Harus Menggunakan Google Analytics

  1. Mengetahui karakteristik pengunjung website Anda

Alasan pertama kenapa Anda harus menggunakan Google Analytics adalah Anda dapat mengetahui karakteristik pengunjung pada Website Anda, karakteristik demografi yang dimiliki oleh audience website seperti bahasa yang dipakai, lokasi mengakses website, perilaku atau aktivitasnya, web browser yang digunakan hingga penggunaan mobile device.

Dengan mengetahui karakteristik audience maka akan sangat membantu Anda , karena Semua bisnis saat ini sudah mengarah kepada orientasi local content, yang artinya kita harus mengetahui seperti apa karakteristik demografi penduduk lokal yang menjadi customer Anda. Dengan begitu, anda sebagai pemilik website tentu akan lebih mudah mengarahkan dan mengembangkan usaha Anda.

  1. Mampu memantau Kampanye Online.

Sebagai pemilik bisnis sudah seharusnya melakukan kampanye online. Dan setelah melakukan kampanye tersebut, pasti Anda ingin memantau apa kampanye tersebut sukses atau tidak, atau biaya yang dikeluarkan untuk kampanye tersebut sudah efisien atau tidak.

Nah, dengan Google Analytics Anda dapat mengetahuinya secara real time, terutama untuk kampanye digital yang telah menggunakan kampanye tag seperti UTM (Urchen Tracking Module). Anda bisa memantau penempatan iklan yang paling efisien meningkatkan traffic atau menghasilkan penjualan paling besar agar Anda dapat mengembangkannya. Sebaliknya, anda juga bisa melihat campaign atau iklan mana yang tidak efisien sehingga bisa direvisi dan dihindari untuk meminimalisir budget pengeluaran yang tidak perlu.

  1. Bisa memantau Traffic Sources

Anda pasti ingin jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi setiap hari seperti took offline yang secara fisik yang bergerak secara B2C (Business to Consumer). Jadi akan bergantung pada jumlah pengunjung yang datang ke took tersebut, kalau pengunjungnya sedikit maka akan sedikit juga jumlah penjualan pada produk toko tersebut.

Jadi, sangat penting sekali untuk Anda mengetahui dari mana datangnya traffic website Anda. Untungnya Google Analytics mampu mengetahui hal tersebut dan dibagi menjadi beberapa aspek :

  • Search : adalah traffic yang berasal dari pencarian melalui search engine seperti Google, Bing ,Yahoo dan semacamnya. Kategori traffic ‘Search’ dapat dibagi menjadi “Organic” yang merupakan hasil pencarian murni (tidak berbayar) dan ‘Paid’ yang merupakan iklan di mesin pencari seperti Google AdWords.
  • Referrals : adalah traffic yang datang dari iklan berbentuk banner di website tertentu. Contohnya seperti ads di detik.com atau kompas.com
  • Kampanye : merupakan traffic yang berasal dari kampanye melalui Google Adwords
  • Direct : adalah traffic yang datang ketika pengunjung menuliskan URL website anda secara langsung di browser. Tapi banyak praktisi juga melihat bahwa kategori ini adalah traffic yangsumbernya tidak jelas, sehingga kategori ini harus diminimalisir.
  1. Mampu memantau konten di website

Google Analytics juga mampu memantau perkembangan konten pada website Anda. Konten merupakan komponen paling penting pada perkembangan website media, karena konten sering menjadi andalan dalam mempromosikan produk yang disediakan. Dengan mengetahui konten mana yang punya interaksi tinggi seperti view, comment, social share dan lainnya, maka pemilik bisnis bisa membuat campaign ataupun marketing plan berdasarkan insight konten yang didapatkan.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah pengunjung juga melihat page tertentu seperti “About Us”, “Contact Us”, “Terms and Condition” yang bisa menjadi insight bagi anda bahwa pengunjung ingin lebih mengenal website Anda.

  1. Bisa memantau Social Media

Sosial media memegang peranan penting untuk mempromosikan website Anda. Karena itu Google Analytics sadar akan hal itu mampu memantau berbagai aktivitas social media dan memantau jumlah traffic ke website kita yang dihasilkan oleh masing-masing social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan dll.

Google Analytics juga memiliki fitur baru yang memudahkan untuk melakukan penilaian peran social media terhadap bisnis online, yakni fitur Multi-Chanel Funnel. Di fitur ini anda bisa melihat tahap dimana social media membantu sales pada segmen yang bernama ‘Assisted Conversions’ dan ‘Top Conversion Path’.

  1. Membantu menetapkan Goals dan Conversions

Setiap business pasti memiliki tujuan yang harus dicapai. Dan Google Analytics bisa membantu anda untuk menetapkan dan mengukur hal tersebut. Anda dapat dengan mudah mengaturnya di bagian admin pada Google Analytics.

Goals dapat berupa apapun tapi biasanya adalah jumlah social shares di social media, Email, subscription, hingga pembelian produk. Google Analytics memiliki salah satu fitur unik untung hal ini yaitu “Event Tracking Goals”. Fitur ini memungkinkan anda untuk mengukur interaksi visitor di website anda.

Nah, bagaimana?
Anda sudah mulai tertarik menggunakan Google Analytics?

Erudite Training adalah pusat pelatihan khusus Digital Marketing dengan topik Google Analytics, yang bertujuan agar para pemilik brand produk / jasa dapat memantau perkembangan business mereka dengan dapat memantau atau bahkan mengimplementasikan sendiri Google Analytics ini.

Untuk informasi lebih lanjut  089602709987 / hello@erudite.id (Jessica)